Friday, January 24, 2014

John Stuard Mill: Pelopor Teori Utilitarianisme








Apa kabar sahabat good-news, semoga sehat dan bahagia selalu. Kali ini saya akan menyampaikan materi tentang teori utilitarianisme. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.
Utilitarianisme merupakan sebuah teori yang mendefinisikan bahwa suatu tindakan yang benar adalah memaksimalkan penggunaan.
Dapat diartikan juga dengan memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi kesengsaraan. Utilitarianisme sendiri berasal dari kata latin utilis yang berarti berguna, bermanfaat, menguntungkan. Istilah ini juga disebut dengan teori kebahagiaan besar. Teori ini diperkenalkan oleh Jeremy Benthan dan muridnya, John Stuard Mill. Dan dari prinsip ini tersusunlah teori tujuan perbuatan. Bagi kaum utilitarianisme, teori tujuan perbuatan berarti menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan, baik diri sendiri ataupun orang lain. Dan dengan begitu perbuatan manusia baik secara etis dan membawa dampak untuk dirinya sendiri dan orang lain.
Beberapa ajaran pokok kaum utilitarianisme:
  • Seseorang hendaknya bertindak sedemikian rupa, sehingga memajukan kebahagiaan (kesenangan) terbesar dari sejumlah besar orang.
  • Tindakan secara moral dapat dibenarkan jika ia menghasilkan lebih banyak kebaikan daripada kejahatan, dibandingkan tindakan yang mungkin diambil dalam situasi dan kondisi yang sama
  • Secara umum, harkat atau nilai moral tindakan dinilai menurut kebaikan dan keburukan akibatnya.
  • Ajaran bahwa prinsip kegunaan terbesar hendaknya menjadi kriteria dalam perkara etis. Kriteria itu harus diterapkan pada konsekuensi-konsekuensi yang timbul dari keputusan-keputusan etis.

No comments:

Post a Comment