Friday, February 7, 2014

Efek Konsumsi Gula Secara Berlebihan



Tubuh memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri dengan adanya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan lainnya. Untuk itu kekuatan sistem imun sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Seperti halnya ada hal-hal yang bisa menguatkan kekebalan tubuh, ada juga hal yang bisa menurunkan kekuatan sistem imun. Salah satunya adalah gula. Penelitian terbaru mengungkap bahwa segala jenis gula bisa menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh hingga 75 persen dalam empat atau enam jam.

Dr Linus Pauling pada tahun 1970 menemukan bahwa vitamin C membantu tubuh melawan sakit pilek atau demam. Dalam penelitiannya, Pauling juga menemukan bahwa gula bisa mengganggu proses tersebut. Dia menemukan bahwa kebalikan dari vitamin C, gula justru melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Glukosa, bentuk paling sederhana dari gula dan vitamin C memiliki struktur kimia yang sama. Karena memiliki struktur sama, terkadang sel darah putih yang akan menarik vitamin C bisa keliru menarik gula, seperti dilansir oleh Daily Health Post (31/01).

Jika konsentrasi glukosa pada darah meningkat, sebaliknya tingkat vitamin C akan menurun dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika tingkat gula darah meningkat hingga 120, maka kemampuan sel darah putih untuk menghancurkan virus berkurang hingga 75 persen dalam empat sampai tujuh jam selama gula darah masih pada tingkat tersebut.

Tingkat gula darah tersebut bisa dengan mudah tercapai jika seseorang mengonsumsi kue, minuman manis, dan lainnya. Untuk itu, lebih baik berhati-hati ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, karena selain bisa menyebabkan berbagai penyakit lain seperti diabetes atau obesitas, gula dalam darah yang berlebihan bisa melumpuhkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber

2 comments:

  1. artikle ini cocok untuk yang saat ini utamanya menderita diabetes, dan memang kita harus hati2 dalam mengkonsumsi gula. kebiasaan minum manis, mengabaikan minum air putih dapat memicu penyakit diabetes.... (saya dulu gitu soalnya..kalau ga manis, ga minum... sekarang kena diabet.. harus bisa menahan diri sendiri).. makasih artikenya

    ReplyDelete
  2. makasih bang komentarnya, sering2 mampir ya bang :)

    ReplyDelete